Overblog Suivre ce blog
Editer l'article Administration Créer mon blog

Lampu Tenaga Surya: Energi Alternatif Kehidupan Sehari-hari

Tidak ada seorang pun yang tidak membutuhkan penerangan. Dahulu saat lilin belum ditemukan, penerangan yang dipakai adalah api dengan bahan bakar gas yang diletakkan dalam sebuah botol. Seiring berjalannya waktu, inovasi dalam bidang scientific pun mengantarkan kehidupan manusia menuju lebih baik lagi. Salah satu yang ditunjukkan adalah efektivitas dan juga efisiensi yang diperoleh dari penggunaan energi listrik. Sayangnya, semakin hari biaya akan listrik semakin meningkat. Apalagi saat ini ada kebijakan pencabutan subsidi untuk pengguna meteran listrik dengan kapasitas tertentu. Dari situlah, kita bisa mulai beralih untuk memanfaatkan lampu tenaga surya. Lampu tenaga surya adalah lampu yang mendapatkan asupan energinya langsung dari matahari yang merupakan sumber energi cahaya terbesar di dunia.  

Kenapa Memilih Lampu Tenaga Surya?

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kebutuhan manusia atas energi yang tersedia semakin hari semakin meningkat. Lebih dari itu, peningkatan jumlah permintaan ini tidak linier dengan ketersediaan sumber daya alam yang kian hari kian menipis. Seperti yang kita tahu bahwa ketersediaan minyak bumi yang ada kian hari kian menipis. Apalagi banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang industri global, transportasi, pembangkit tenaga listrik dan juga sector lain yang sama sekali tidak bisa lepas dari sumber daya alam ini. Oleh sebab itulah, jauh sebelum keberadaan minyak bumi benar-benar limited, kita sebagai manusia sudah seharusnya bersikap bijak dengan menghemat dan juga menyisakan ketersediaan minyak bumi untuk generasi mendatang dengan memilih lampu tenaga surya sebagai pengganti.

Kelebihan Lampu Tenaga Surya

Lampu tenaga surya memiliki banyak kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakannya. Apa saja?

Pertama, lampu tenaga surya cukup ekonomis. Ini karena dalam penggunaanya lampu ini tidak memerlukan asupan bahan bakar khusus yang menyebabkan harga energi tersebut menjadi tinggi. Dengan energi matahari yang diserap dan diubah menjadi energi cahaya oleh lampu tersebut, kita akan mendapatkan pencahayaan yang ekonomis.

Kedua, lampu tenaga surya mudah dipasang. Lampu ini bisa Anda tempatkan baik di dalam atau di luar ruangan selama ketersediaan cahaya matahari pada peralatan tersebut mencukupi. Pilihlah ruangan atau tempat yang luas yang bisa mengakomodir secara peralatan ini secara keseluruhan lebih disarankan agar tidak mudah rusak.

Ketiga, lampu tenaga surya lebih hemat energi. Dengan lampu tenaga surya yang digunakan, kita tidak memerlukan sumber daya alam seperti minyak bumi untuk menjalankanya. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini keberadaan minyak bumi sudah mulai menipis dan perlu dijaga kelestariannya.

Lampu yang menggunakan tenaga surya saat ini mulai banyak ditemukan. Contohnya adalah lampu teras, lampu taman, lampu stadion, lampu garasi, lampu merah, lampu rumah dan masih banyak lagi.

Tag(s) : #lampu, #tenaga surya

Partager cet article

Repost 0
Pour être informé des derniers articles, inscrivez vous :