Overblog Suivre ce blog
Editer l'article Administration Créer mon blog

Harga Genset Silent dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

 

Genset tersedia dalam berbagai merk dan harga. Genset ini termasuk varian genset dengan kapasitas yang kecil sehingga sering digunakan untuk keperluan rumah tangga ataupun industri rumahan dalam skala kecil. Kapasitas genset biasa disebutkan dalam kVA (kilo Volt Ampere). Nilai 1 kVA ini setara dengan 0,8 kW. Misalnya Anda memiliki genset dengan kapasitas 100 kVA, maka genset tersebut setara dengan kapasitas 80 kW.

Hal yang Berkaitan dengan Genset

Apabila Anda ingin membeli atau sedang mendiskusikan masalah genset, maka ada beberapa istilah yang sering disebut. Berikut ini adalah istilah yang sering dikaitkan dengan genset:

§     Silent atau Open

Genset yang sering dipakai ada dua tipe yaitu genset open dan genset silent. Kedua tipe ini juga menyediakan beragam kapasitas. Genset open merupakan genset yang tidak dilengkapi dengan box yang bisa berupa rumah genset atau canopy. Genset ini biasanya ditempatkan di ruangan khusus dan memiliki peredam suara sehingga tidak menganggu. Kelebihan genset tipe open ini yaitu mudah dibongkar pasang sehingga memudahkan proses perawatan. Sedangkan genset tipe silent biasanya dilengkapi dengan box yang berfungsi meredam berisiknya suara genset. Selain itu, box ini juga bisa menjadi pelindung bagi genset dari berbagai cuaca. Untuk segi harga genset silent biasanya dibandrol lebih mahal daripada genset open.

§     Prime dan Standby

Dalam genset sering dipakai istilah prime rate dan standby rate. Prime rate merupakan kapasitas terbesar yang bisa dihasilkan oleh genset pada keadaan normal. Sedangkan standby rate merupakan kapasitas terbesar yang dihasilkan ketika pemakaian berlebih.

§     Panel AMF/ATS

Automatic Main Failure atau sering disebut AMF merupakan suatu panel dalam genset yang berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan. Sedangkan Automatic Transfer Switch (ATS) memiliki fungsi untuk mengalirkan sumber catu daya ketika listrik dari PLN mati.

Tag(s) : #harga genset silent

Partager cet article

Repost 0